Saturday 27 August 2011

Alam Rahim Sebelum Manusia Dilahirkan ke Bumi

by Subandi Baiturrahman

1. Yang artinya: “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur [maksudnya: bercampur antara benih lelaki dengan perempuan] yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.” (QS. Al-Insaan, No. Surat: 76, Ayat: 2)

2. Yang artinya: “Dan Alloh menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam kitab (Lauh Mahfudhz). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Alloh adalah mudah.” (QS. Faathir, No. Surat: 35, Ayat: 11)

3. Yang artinya: “Dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri [maksudnya Adam], maka (bagimu) ada tempat tetap [maksudnya: bisa tulang sulbi atau rahim ibu] dan tempat simpanan[maksudnya: permukaan bumi sebagai tempat tinggal atau kuburan]. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda kebesaran Kami kepada orang-orang yang memahami.” (QS. Al-An’am, No. Surat: 6, Ayat: 98)

4. Yang artinya: “Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan? Dia (manusia) diciptakan dari air yang dimuncratkan, yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan.” (QS. Ath-Thooriq, No. Surat: 86, Ayat: 5-7)

5. Yang artinya: “Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.” (QS. Al-‘Alaq, No. Surat: 96, Ayat: 2)

6. Yang artinya: “Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim), kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Alloh menciptakannya, dan menyempurnakannya, lalu Alloh menjadikan daripadanya sepasang, yaitu laki-laki dan perempuan.” (QS. Al-Qiyaamah, No. Surat: 75, Ayat: 37-39)

7. Yang artinya: “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. At-Tiin, No. Surat: 95, Ayat: 4)

8. Yang artinya: “…dan (Alloh) mengetahui apa yang ada dalam rahim…” .(QS. Luqman, No. Surat: 31, Ayat: 34)

9. Yang artinya: “Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah, kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina, kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.” (QS. As-Sajdah, No. Surat: 32, Ayat: 7-9)

10. Yang artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang, yaitu ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun [maksudnya: selambat-lambat waktu menyapih ialah setelah anak berumur dua tahun]. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kamu kembali.” (QS. Luqman, No. Surat: 31, Ayat: 14)